Contoh Desain yang Estetik dan Fungsional

Desain yang estetik akan memerhatikan keindahan bentuk maupun keunikan desain. Selain itu, sebuah desain selain bersifat estetik haruslah fungsional.
Berikut ialah contoh desain yang estetik nan fungsional:

 Tangga tersebut dilihat dari segi fungsi sudah bisa terbilang tidak jauh berbeda dengan tangga biasa. Berguna untuk mencapai tempat yang lebih tinggi karena dilengkapi pijakan seperti tangga-tangga pada umumnya. Tetapi dari segi estetika, terdapat perbedaan yang menyolok dibanding tangga-tangga pada umumnya. Hal ini dapat dilihat dari bentuknya yang unik dengan mengadopsi pijakan kaki yang menyerupai gerigi, tidak seperti tangga biasa yang berupa palang. Hal ini yang menjadikan desain tangga yang satu ini unik dan estetik dipandang mata.

Tangga di atas dari segi estetika biasa-biasa saja (tidak jelek juga), tetapi apa segi fungsional yang bisa kita dapat? Ya, segi fungsional yang bisa kita dapat darinya ialah bahwa sesuatu yang terletak di bawah anak tangga ialah sebuah laci bagasi tempat menyimpan sesuatu. Benda tersebut dari segi fungsional amatlah menguntungkan. Salah satunya ialah menambahkan ruang penyimpanan bagi si pemilik rumah yang aman dan tersembunyi.

Meja di atas merupakan desain dari Voon Wong dan Benson Saw (London, Inggris). Sebuah Coffe Table yang didesain sedemikian rupa agar lebih bernilai estetik dibanding meja lainnya. Selain segi estetik, ternyata irisan-irisan tiap meja juga memiliki fungsi yang khusus, fungsi dari tiap-tiap irisan meja tersebut ialah agar dapat digunakan untuk masing-masing keperluan. Jadi tidak hanya sebuah meja, tetapi satu meja yang "dipotong-potong" agar memiliki fungsi sendiri-sendiri tiap "potongan"nya.

Sebuah arsitektur yang berorientasi pada teknologi futuristik dan mesin. Tanpa ornamen dan meninggalkan arsitektur gaya lama yang berkesan garis horizontal dan vertikal dan kaku. Gaya arsitektur bangunan ini memiliki nilai estetik yang bersifat modernisasi dan bergaya dinamis. Serta dari segi fungsional pada umumnya tidak jauh berbeda dengan bangunan-bangunan lainnya. Tetapi segi fungsional yang paling mencolok ialah bahwa gedung ini tidak mudah rubuh dibanding gedung bertingkat lainnya karena desainnya yang kerucut mengecil di bagian atas, sehingga fondasi di bawahnya menopang beban yang diminalisir pada bagian atasnya.


By : Julius

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

About Me

Kami para pembuat blog ini adalah mahasiswa Universitas Tarumanagara jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 2009. Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas Tinjauan desain yang akan membahas mengenai desain yang estetik sekaligus fungsional, kedua elemen ini sangat krusial sekaligus dilematik dalam semua bidang desain. Karena itu kami ingin memberikan pembahasan mengenai Estetika dan Fungsional, dan tentu saja memberikan solusi dalam memposisikan elemen estetika dan fungsional yang seimbang. Karena itu, Tagline kami adalah : "Aesthepic, Aesthetic yet EPIC!". Semoga Blog ini dapat memberikan manfaat bagi para desainer dalam membuat karyanya. :)