Harmoni Warna Dalam Membuat Desain yang Estetik dan Fungsional

Color Harmony
Color Harmony membantu dalam meningkatkan nilai keindahan atau estetik suatu desain. Melalui komposisi warna yg tepat, sebuah desain akan terlihat indah dan menarik. Di sini saya akan membahas bagaimana suatu warna bisa berbicara dan mengomunikasikan suatu nuansa, kesan atau sifat yg hendak disampaikan seorang desainer.
Saya mengulas teori warna berdasarkan sumber buku Color Harmony Layout terbitan Page One. Berikut adalah macam-macam warna beserta sifatnya:
Powerful
Warna yg powerful tidak hanya menarik perhatian. Dari sifat yg ceria hingga sensasi panas, emosi dari warna ini adalah disadari dan dikenali. Merah cerah adalah warna yg tidak bisa diabaikan atau dilewatkan.
Rich
Gelap dan Berani, rona yg merepresetasikan kekayaan adalah selangkah mendekati hitam. Warna ini memiliki karakter kaya dan kekuatan, kesabaran dan percaya diri. Warna merah gelap dimiliki oleh wine mewah sehingga warna ini bersifat mewah dan meminta penafsiran lebih dalam dari yg terlihat di permukaan.
Romantic
Pink dan merah sangat menggambarkan sifat ini. Begitu juga dengan warna peach, lavender, dan kuning soft adalah warna khas dr sifat  romantis. Warna-warna yang soft lainnya yakni warna pastel termasuk dalam kelas ini.
Friendly
warna orange gelap dan ungu, menggambarkan citra America Barat Daya, digambarkan matahari dan kehangatan penduduknya. Orange mengkonotasikan sifat yg ramah dan bersahabat--yg merupakan alas an mengapa banyak restoran fast-food amerika menggunakan warna ini. Kuning dan merah termasuk dalam kategori ini, dimaksudkan untuk fungsi keterlihatan dari jarak yg cukup jauh.
Soft
Peach dan orange yg terang dan tipis menggambarkan citra yg halus dan lembut. Dipadukan dengan violet, hijau dan biru yg terang dan tipis menggambarkan suasana yg natural, tenang  dan nyaman.

Color Harmony Summary:
Penggunaan Color harmony atau harmonisasi warna, sangat membantu kita dalam mengomunikasikan suatu maksud dan sifat tertentu dalam sebuah desain. Tidak terbatas itu saja, pengaplikasian harmonisasi warna juga membuat suatu desain menjadi lebih jelas dan terlihat indah, yakni meningkatkan nilai estetik atau keindahan suatu desain yg membuat elemen2 dalam sebuah desain selaras dan enak dilihat.
Karena seperti banyak masalah yg dijumpai dalam sebuah desain yg tidak mempertimbangkan aspek ini, desain menjadi kacau dan tidak selaras oleh karena penggunaan warna yg tidak cocok sehingga terkesan rancu/aneh, atau penggunaan warna yg tidak sesuai dgn maksud yg hendak disampaikan.
Dari ulasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penggunaan color harmony, seorang desainer dapat menghasilkan karya yg indah (estetik) dan juga informative dengan pesan2 yg tersirat dalam sebuah desain, serta menghindari kemungkinan kekacauan maupun kekeliruan penggunaan warna. (penting!)
Untuk referensi color harmony, saya menemukan sumber yg cukup baik dan berguna dari adobe, yakni Adobe kuler yg bisa diakses lewat internet. Program tsb menampilkan pilihan palet untuk suatu tema.

By: Yudha Bianto

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

About Me

Kami para pembuat blog ini adalah mahasiswa Universitas Tarumanagara jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 2009. Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas Tinjauan desain yang akan membahas mengenai desain yang estetik sekaligus fungsional, kedua elemen ini sangat krusial sekaligus dilematik dalam semua bidang desain. Karena itu kami ingin memberikan pembahasan mengenai Estetika dan Fungsional, dan tentu saja memberikan solusi dalam memposisikan elemen estetika dan fungsional yang seimbang. Karena itu, Tagline kami adalah : "Aesthepic, Aesthetic yet EPIC!". Semoga Blog ini dapat memberikan manfaat bagi para desainer dalam membuat karyanya. :)